Promo Hotel Murah

Mau Dapat Harga PROMO HOTEL ? Begini Caranya

Tiap kali pergi traveling, komposisi biaya paling besar selain tiket pesawat adalah biaya menginap di Hotel. Kecuali penginapan bisa saya akali dengan camping di sepanjang perjalanan seperti acara jalan-jalan saya di New Zealand sebulan kemarin, sebaiknya mulai memikirkan bagaimana bisa mendapatkan harga kamar hotel murah saja deh!
Sekarang saya mau berbagi lagi tips mencari kamar hotel termurah berdasarkan beberapa pengalaman traveling saya selama ini. Siapa tahu lagi ada yang mau liburan dan ingin berhemat dalam pengeluaran penginapan biar nanti bisa lebih bayak jajan selama traveling.
Kan lumayan kalu bisa berhemat! Lagian sebenarnya memang ada banyak cara agar bisa mendapatkan harga kamar hotel yang murah kok. Tetapi syaratnya harus rajin cari informasi sendiri lewat internet.
Oke, sudah pensaran dengan tipsnya?
Ini Dia Tips Cara Mendapatkan Harga Kamar Hotel Termurah.

1. Pergi Liburan Pada Waktu Yang Tepat

Sebenarnya yang membuat saya ingin menjadi seorang freelancer sukses (saat ini belum terlalu sukses ya) adalah karena saya bisa memilih liburan di waktu yang tepat. Misalnya, liburan ketika yang lain sedang kerja atau liburan pada waktu low season tanpa harus mikirin cuti. Soalnya pada waktu itu biaya liburan pasti bisa ditekan. Terutama untuk harga tiket pesawat dan harga kamar hotel bisa jadi lebih murah.
Tapi bagaimana cara tahu kapan low season? Gampang sih, hindari liburan pada long weekend atau hari besar nasiional seperti lebaran dan natal. Kecuali kalian dapat harga promo, sudah bisa dipastikan akan dapat harga yang melambung tinggi baik tiket pesawat atau penginapan. Pernah saya sengaja liburan ke Belitungpada bulan puasa karena harganya jauh lebih murah daripada pada waktu normal. Tapi biarpun liburan, puasa tetap jalan ya!
“Tapi saya kerja kantoran? Gimana dong solusinya!” Yah, namanya hidup pasti pilihan ya, sama halnya dengan liburan. Kalau kerja kantoran ya tinggal milih mau pake cuti pas yang lain juga ambi cuti. Atau memakai cuti pada low season tetapi dikombinasikan dengan weekend. Saya dulu  waktu masih ngantor sering memilih cuti pada low season. Long weekend, harpitnas, dan lebaran biasanya saya pake buat pulang kampung daripada liburan.

Liburan di waktu yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan harga kamar hotel yang murah







 2. Share Cost Atau Patungan Bersama Teman

Salah satu keuntungan jalan bersama teman adalah bisa berhemat untuk mendapatkan akomodasi yang lebih layak dengan harga murah. Soalnya kalau bareng-bareng kan bisa berbagi biaya penginapan selama perjalanan.
Misalnya kalau traveling bersama teman lebih bisa memilih penginapan berupa hotel daripada hostel. Toh karena setelah dibagi bersama harganya gak akan jauh berbeda jika menginap di hostel. Dapat privasi lebih lagi!
Seperti halnya pengalaman saya kemarin. Harga per kasur di hostel standard di New Zealand adalah sekitar 25-30 NZD per orang. Itu untuk kamar jenis dormitory dengan kasur bunk bed yang biasanya dalam satu kamar diisi lebih dari 6 orang.
Nah, kebetulan kemarin itu traveling di New Zealand bertiga, jadinya pesan satu kamar saja yang isinya 3 bunkbed seharga sekitar 69 NZD. Lumayan berhemat sekitar 6 NZD untuk beli beef. Sudah gitu dapat kamar yang lebih privasi karena gak dipake ramai-ramai.

3. Gunakan Kartu Kredit Dan Reward Pointnya

Fungsi kartu kredit sebenarnya bukan untuk ngutang, tetapi sebagai metode pembayaran alternatif dan untuk mendapatkan diskon hotel murah. Terutama untuk tujuan traveling, biasanya ada banyak yang memberikan diskon khusus jika membayar dengan kartu kredit.
Gak masalah, bayar saja dengan kartu kredit kalau memang lagi ada diskon khusus pemesanan kamar hotel. Setelah itu langsung bayar lunas dengan rekening bank saat penagihan.
Lebih menyenangkan lagi kalau reward point kartu kredit bisa dipakai untuk mendapatkan potongan harga lebih banyak ketika bertransaksi. Saya sih kadang sesekali bisa dapat diskon tambahan dengan memakai kartu kredit. Lumayan.

4. Beli Lewat Travel Agent, Jangan Langsung Ke Hotelnya

Pernah saya menginap di suatu hotel, dan karena urusan belum selesai, jadinya saya mau perpanjang semalam. Setelah saya lihat di Traveloka, kamarnya masih ada di harganya berkisar di IDR 220.000 pada hari saya mau perpanjang. Kira-kira masih masuk di budget saya lah. Karena waktu itu saya lagi lapar, niatnya saya mau memperpanjang di resepsionis saja sambil sarapan pagi.
Eh, kok ternyata nih setelah tanya di resepsionis harganya berbeda jauh. Kalau mau perpanjang  di resepsionis saya harus bayar lagi IDR 500.000 per malam. Akhirnya saya nggak jadi sarapan, langsung balik ke kamar buat booking lewat website Traveloka. Lumayan pas lagi ada Promo Hotel Murah juga, jadi saya bisa makin hemat lagi!
Voucher hotel pun bisa issued secara realtime. Jadi setelah saya selesai memesan, saya langsung kembali ke resepsionis untuk konfirmasi pemesanan saya. Voila, semua langsung beres, perpanjangan satu malam gak pake ribet. Beruntungnya lagi saya nggak perlu pindah kamar setelah memperpanjang masa menginap saya satu malam.
Liburan bareng teman itu bisa berbagi biaya penginapan, jatuhnya jauh lebih murah dibanding jalan sendiri

5. Beli Sepaket Dengan Paket Tour

Ada juga travel agent yang biasanya jualan sepaket hotel dan tour atau tiket pesawat dengan hotel sekaligus. Nah, kadang kalau dihitung bakal lebih murah nih kalau beli sepaket seperti itu. Entah pihak travel agent sengaja kasih promosi khusus, atau mereka punya deal khusus dengan pihak hotel juga penyedia layanan yang lain. Pokoknya, kadang harga bisa jauh lebih murah jika beli sepaket dibanding dengan beli secara terpisah.

6. Pilih Hotel Yang Baru Saja Buka

Logikanya hotel yang baru saja buka itu pasti lagi dalam masa promosi kan ya? Jadi mereka bakal bisa kasih harga promosi yang jauh lebih murah karena masih ingin menggaet pelanggan baru dan ingin hotelnya dikenal. Lagian di era serba internet seperti ini cari hotel baru buka yang lebih murah gampang banget. Saya sering melihat seliweran di twitter atau kadang bahkan ada yang kirim email kalau ada hotel baru dibuka.
Hotel baru biasanya suka tebar diskon dan Promosi Hotel Murah  lho!

7. Berburu Harga Kamar Hotel Termurah Di Website Diskon

Kalau nggak tau apa itu website diskon coba cari saja di google pake kata kunci “deal websites indonesia”. Nanti bakal nemu banyak website bertebaran. Tinggal cari dengan teliti. Karena di antara hutan rimba diskon tersebut, selalu ada harga hotel termurah untuk liburan selanjutnya. Nanti kalau dapat kasih tau saya ya, biar saya juga bisa pesen hotel dengan harga yang murah.

8. Pilih Lokasi Hotel Yang Strategis

Kalau waktu masih sekolah atau kuliah, kondisinya sama dengan posisi menentukan prestasi nih!
Jadi begini, kalau misalnya ada hotel A yang per malam cuma IDR 100.000 dan hotel B harga kamar per malam IDR 150.000. Namun kalau mau ke pusat kota atau tempat wisata yang pengen didatangi dari Hotel A perlu naik taksi lagi dan bayar IDR 100.000. Dan, kalau dari hotel B cuma perlu jalan kaki saja, mana yang bakal dipilih?
Kalau saya sudah jelas pilih hotel B. Meski harganya IDR 50.000 lebih mahal, tetapi lokasinya strategis dan nggak perlu keluar biaya lagi kalau saya mau jalan-jalan. Makanya, kadang kalau saya nemu hotel yang murah banget, langkah pertama yang saya lakukan adalah cek lokasinya di Google Maps. Dan kalau ternyata lokasinya tidak strategis, pasti saya nggak akan pesan disitu. Rugi dong, biarpun murah tapi saya harus ribet tiap kali mau pergi kemana-mana!?
Misalnya pas kemarin saya liburan ke Jepang, ada hotel murah banget, harganya cuma IDR 160.000 per malam. Cuma dari stasiun terdekat jaraknya sekitar 20 menit jalan kaki. Sementara satunya IDR 180.000 per malam, tetapi cuma 5 menit jalan kaki dari stasiun.
Sudah jelas saya pilih yang dekat stasiun dong! Karena di Jepang itu kan transportasi paling efektif naik kereta. Jauh dari stasiun kereta artinya sama dengan mati gaya! Makanya teliti dulu sebelum membeli! Jangan asal pesan kamar hotel yang murah, tetapi lihat juga lokasinya!
Salah satu tips cara mendapatkan harga kamar hotel termurah: Harus tahu kapan bayar kamar hotel pake cash, kapan pake kartu kredit yang ada promosinya
Salah satu tips cara mendapatkan harga kamar hotel murah: Harus tahu kapan bayar kamar hotel pake cash, kapan pake kartu kredit yang ada promosinya


9. Ikut Berbagai Loyalty Program

Di jaman ketika traveling sedang ngehits seperti sekarang ini banyak yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan dengan memberikan diskon ini itu. Nah untuk mengatasi konsumen yang suka pindah kelain hati itu, biasanya ada yang buat namanya “Loyalty Program”. Tujuannya tentu untuk membuat pelanggan setia dan gak berpindah ke lain hati.
Eh pindah ke kompetitor ding! Makanya kalau ada “Loyalty Program” ikutan aja. Terutama kalau keuntungan dari “Loyalty Program” tadi bagus. Kalau di hotel, biasanya bisa dapet gratis upgrade kamar hingga dapat nginep gratis lho! Kalau “Loyalty Program” di travel agent online sih seringnya dapat potongan harga yang cukup lumayan!

10. Pesan Pada Menit-Menit Terakhir

Setiap hotel pasti menginginkan setiap kamar yang ada terisi penuh setiap harinya! Nah, makanya itu, kadang kalau pesan pada hari H sering bisa dapat harga kamar hotel paling murah. Seringnya pihak hotel lebih memilih menurunkan harga kamar daripada dibiarkan kosong. Beberapa kali saya mendapatkan kamar murah dengan metode seperti ini. Terutama kalau saya pesan lewat travel agent online.

11. Cari Penginapan Yang Ramah Backpacker

Kalau hotel nggak masuk dalam budget jalan-jalan, mungkin pilihan selanjutnya adalah menginap di hostel yang lebih ramah kantong para pejalan ala backpaker. Memang menginap di hostel itu kadang privasinya kurang terjaga karena satu kamar bakal ditempatin rame-rame.
Tetapi kalau traveling sendirian, menginap di Hostel yang ramah Backpacker adalah satu-satunya pilihan berhemat. Bahkan kalau beruntung, kalian bisa menemukan hostel dengan kamar mandi yang ada bathub-nya, seperti yang saya temui di Jepang kemarin.

12. Negosiasi Langsung Sama Hotel

Nggak ada salahnya juga langsung bernegosiasi dan telpon dengan hotel. Tapi sebaiknya lakukan ini setelah melihat harga kamar lewat travel agent online. Jadi kalian bakal tahu harga termurahnya dulu, dan bisa mendapatkan harga dibawah itu.
Siapa tahu mereka memang sedang ada promo hotel murah yang belum sempat dipublikasikan. Saya melakukan ini jika menginap dalam jangka waktu yang lama. Kadang ada hotel yang memberikan diskon khusus untuk yang menginap dalam waktu yang lumayan lama, lebih dari seminggu misalnya.

13. Kalau Kamu Travel Blogger Seperti Saya Coba Tawarin Barter Review









Kalau kamu travel blogger bisa menginap dengan barter review hotel tersebut

Mungkin ini alasannya kenapa sekarang mulai banyak travel blogger bermunculan ya. Katanya bisa nginep hotel secara gratis cuma karena punya travel blog. Yah, padahal nggak gratis juga sih. Kan setelah menginap tetap harus nulis di travel blog. Tapi memang ini salah satu cara saya untuk menekan pengeluaran ketika traveling.

Saya nggak asal milih asal hotel sembarangan. Tetapi memilih hotel yang memang buat saya menarik, agar ketika menulis saya beneran menulisnya dengan sepenuh hati. Soalnya ngereview hotel di personal blog kalau nggak dengan sepenuh hati itu susah banget lho. Kalaupun dipaksa, biasanya bakal jadi aneh setelah dibaca lagi.

Nah, kira-kira diatas adalah 13 cara dan tips untuk mendapatkan harga kamar hotel murah. Terserah mau pake tips yang mana. Mau dipakai salah satu atau semuanya juga boleh! Nah, kalau dari teman-teman ada tips khusus nggak sih untuk berburu kamar hotel dengan harga termurah? Kalau ada bisa dong di share di kolom komentar di bawah ini .

Tag : traveler Update, Destinasi, Piknik, Explor Hotel
Mau Dapat Harga PROMO HOTEL ? Begini Caranya Mau Dapat Harga PROMO HOTEL ? Begini Caranya Reviewed by dn on Februari 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Promo Hotel Murah
Diberdayakan oleh Blogger.